Minggu, 21 Juli 2013

Ragi Sintesis Pertama di Dunia

http://img.okeinfo.net/dynamic/content/2013/07/11/56/835343/OM0OAvXXOd.jpg?w=400
   Tim peneliti asal Inggris mengklaim bahwa mereka berhasil menciptakan kromosom sintesis yang bisa dimasukkan ke dalam ragi sintesis pertama di dunia. Temuan ini bisa membantu berkontribusi ilmuwan membuat vaksin, biofuel, dan bahan kimia baru.
  Dilansir BBC, Kamis (11/7/2013), tim di seluruh dunia membuat bagian lain dari gen yang akan dirakit untuk membuat ragi bernama Saccharomyces cerevisiae. Pemerintah Inggris mengeluarkan dana untuk penelitian 1 juta Poundsterling, yang diharapkan akan selesai hingga 2017.
   Biologi sintetik melibatkan perakitan gen buatan untuk membuat bahan baru dengan cara serupa yang insinyur lakukan untuk membuat mesin. Beberapa kalangan berpikir bahwa inovasi ini bisa membentuk dasar dari sebuah revolusi industry baru.
   Manusia berhasil belajar bagaimana mengontrol baberapa aspek pada alam, dari bidang agrikultur hingga inseminasi buatan. Kini, ilmuwan asal inggris ini berhasil mengembangkan temuan dibidang biologi sintetik.
Sel hidup pertama di dunia dikendalikan sepenuhnya oleh DNA sintesis yang pernah dibuat pada 2010. Namun, temuan baru ini membawa sel bakteri tanpa nucleus (inti) dan ragi ini merupakan sel yang jauh lebih kompleks.
   Yeast (ragi) merupakan organisme eukaryotic (eukariotik) yang berisi struktur kompleks yang menyimpan DNA dalam inti. Tanaman merupakan organisme yang jauh lebih kompleks ketimbang tanaman.
   “Ragi telah berevolusi selama jutaan tahun, membuat energy dari gula dan menetralkan alcohol dan gas karbon dioksida. Sekarang kita memiliki kesempatan untuk menyesuaikan ragi lebih lanjut dan mengubahnya untuk pembuatan produk yang kompleks yang kita butuhkan untuk kehidupan modern.” tutur Paul Freemont dari Imperial College London. (jam)**


Sumber: Cakrawala, Harian Pikiran Rakyat, edisi Kamis 18 Juli 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar